Ubi Jalar Ungu: Manfaat dan Nutrisi

 

Seorang peneliti dari Kansas State University mempelajari manfaat potensial dari ubi jalar ungu karena warna ungunya yang dominan menghasilkan sejumlah besar komponen anti-kanker.

SoYoung Lim, mahasiswa doktoral Nutrisi Manusia di K-State, Manhattan, bekerja sama dengan George Wang, profesor nutrisi  di K-State mengembang-biakkan ubi jalar ungu untuk mempelajari pengaruh pigmen pada ubi tersebut terhadap pencegahan kanker.

Lim mengatakan bahwa ubi jalar ungu memiliki kandungan tinggi anthocyanin, pigmen yang memberikan warna ungu dalam ubi tersebut. Pigmen dapat menghasilkan warna merah, warna biru dan ungu tergantung pada struktur kimianya, seperti dalam makanan: blueberry, anggur merah dan kubis merah.

Dia mengatakan anthocyanin dikaitkan secara epidemiologis dengan penurunan risiko kanker,  namun kemampuan anti-kanker dari ubi jalar ungu tersebut belum diselidiki dengan baik.

Lim menggunakan kulit dan daging ubi jalar ungu yang dikembangkan oleh Ted Carey, profesor hortikultura di K-State, di pusat Hortikultura John C. Pair – Haysville.

Tiga jenis ubi jalar ungu yang digunakan, memiliki jumlah anthocyanin yang berbeda. Untuk menghitung jumlah anthocyanin dalam setiap ubi, Lim mengekstrak pigmen dari ubi tsb dan menyuntikkannya ke dalam HPLC-MS Analysis, yang menurutnya merupakan metode untuk memisahkan komponen.

Ubi jalar dipisahkan berdasarkan pigmentasi daging dan kandungan seratnya. Berdasarkan analisis tsb ubi jalar yang dikembangbiakkan di Kansas memiliki kandungan anthocyanin yang lebih tinggi dibandingkan dengan ubi jalar lainnya, dan terdapat dua derivatif anthocyanin yang dominan, yaitu cyanidin dan peonidin.

Lim juga mengukur kandungan fenoliknya. Fenol merupakan senyawa kimia yang mengandung komponen anti-aging dan antioksidan. Ubi jalar yang dikembang-biakkan memiliki kandungan fenol dan kapasitas antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ubi jalar lainnya.

Peneliti K-State juga ingin melihat efek khusus dari cyanidin dan peonidin. Lim menguji sel-sel kanker usus manusia dengan derivatif pigmen konsentrasi rendah dan juga mempelajari pengaruhnya terhadap siklus sel.

Cyanidin dan peonidin menunjukkan penghambatan terhadap pertumbuhan sel kanker secara signifikan, tetapi tidak ada perubahan signifikan pada siklus sel. Lim mengatakan bahwa pemahaman yang lebih baik atas mekanisme yang mendasari ubi jalar ungu yang ditumbuh-kembangkan di Kansas dapat menjadi bukti ilmiah dari manfaatnya terhadap kesehatan.

Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan

  • Ubi jalar merupakan salah satu makanan berkanji dengan kadar kalori rata-rata (menyediakan hanya 90 cal/100 g vs 70 calories/100 g ubi jalar). Umbi  tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, tetapi merupakan sumber yang kaya serat, anti-oksidan, vitamin, dan mineral.
  • Kandungan kalori terutama berasal dari kanji, karbohidrat kompleks. Kanji meningkatkan kadar gula darah perlahan-lahan bila dibandingkan dengan gula dan karena itu  direkomendasikan sebagai suplemen makanan sehat untuk penderita diabetes
  • Umbi adalah sumber yang sangat baik untuk senyawa fenolik flavonoid seperti beta-karoten dan vitamin A (100 g umbi menyediakan 14187 IU vitamin A dan 8509 mcg β-karoten). Nilai tsb adalah salah satu yang tertinggi di antara kategori akar sayuran. Senyawa ini merupakan antioksidan alami yang kuat. Vitamin A dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga integritas selaput lendir dan kulit yang sehat. Ubi jalar merupakan nutrisi penting untuk penglihatan. Konsumsi sayuran dan buah-buahan alami yang kaya flavonoid akan membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  • Umbi terdiri dari vitamin esensial seperti asam pantotenat (vitamin B-5), piridoksin (vitamin B-6), dan thiamin (vitamin B-1), niacin, dan riboflavin. Vitamin-vitamin tsb sangat penting, dan tubuh membutuhkannya dari sumber eksternal (untuk mengisi). Vitamin- vitamin ini berfungsi sebagai co-faktor untuk berbagai enzim selama metabolisme.
  • Ubi jalar menyediakan mineral penting seperti zat besi, kalsium, magnesium, mangan, dan kalium yang sangat penting untuk enzim, protein, dan metabolisme karbohidrat.
  • Daun ubi jalar lebih bergizi daripada umbi. Berat per 100 g daun segar mengandung lebih banyak zat besi, vitamin C, folates, vitamin K, dan potasium, tetapi kandungan sodium lebih kecil dibandingkan umbinya.

Kandungan Nutrisi Ubi Jalar 

Ubi jalar (Ipomoea Batatas)  meskipun tampak murahan, tetapi mempunyai manfaat yang tak perlu diragukan lagi. Kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.

Berikut ini adalah tabel nutrisi Ubi Jalar per 100 mg

Pemilihan dan Penyimpanan Ubi Jalar

  • Belilah umbi segar dengan kulit halus dan utuh. Lebih baik lagi untuk jenis organik.
  • Hindari akar yang lembek dan layu
  • Akar yang tumbuh (seperti toge) akan mengurangi rasa umbi
  • Cuci dengan air bersih untuk menghilangkan pasir dan tanah
  • Simpan di tempat yang dingin, gelap, dan berventilasi baik

Cara Mempersiapkan dan Penyajian

Untuk mempersiapkan, cuci umbi dalam air dingin. Umbi dapat dimakan mentah dengan kulit. Untuk membuat kue, kulitnya dikupas sebelum atau sesudah direbus

Tips-tips penyajian

  • Merendam dalam air dengan garam akan memperkaya rasa ubi jalar
  • Camote, ubi jalar yang dikenal di dunia Latin, digunakan untuk masakan Meksiko
  • Camote Cue, ubi digoreng ditambah gula merah, lalu dibuat caramel, adalah jajanan populer di Filipina
  • Ubi dapat digunakan dalam sop, kari, semur, dan diolah untuk dibuat kue, pie, dll
  • Ubi dapat juga diolah untuk makanan bayi
  • Keripik ubi dapat dijadikan camilan favorit

Catatan

Ubi jalar mengandung asam oksalat, zat alami yang ditemukan pada beberapa sayuran yang dapat mengkristal menjadi batu oksalat dalam saluran kemih.

Oleh karena itu, individu dengan riwayat kencing batu saluran kemih oksalat harus menghindari makan ubi jalar. Asupan air yang cukup disarankan untuk mempertahankan urine tetap normal dan meminimalkan risiko batu.

3 Comments

  1. boekoeku said,

    October 23, 2012 at 4:04 am

    Reblogged this on Buku Buku.

  2. August 4, 2014 at 10:14 pm

    walaupun makanan kampung tap banyak manfaat bagi tubuh kita, bagus buat perut orang indonesia dan sebagai ganti makan nasi ketika sarapan dan pada malam hari..
    http://www.cari-alamat.com/

  3. January 9, 2020 at 1:09 am

    […] Download Image More @ healthybright.wordpress.com […]


Leave a comment